7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Tuesday, July 21, 2015

7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat - Saat kita beranjak tua, kita semua mulai dapat melihat beberapa perubahan dalam kemampuan kita untuk mengingat sesuatu.

Mungkin Anda pernah pergi ke dapur dan tidak bisa mengingat mengapa, atau tidak ingat nama akrab teman Anda. Anda bahkan mungkin melewatkan janji karena Anda lupa. Menurunnya daya ingat dapat terjadi pada semua usia, tetapi kita cenderung berpikiran bahwa menurunnya daya ingat hanya disebabkan karena usia kita bertambah tua. Fakta ini, kehilangan memori yang signifikan pada orang tua bukan merupakan bagian normal dari penuaan-tetapi karena gangguan organik, cedera otak, atau penyakit neurologis, dengan Alzheimer menjadi salah satu yang paling ditakuti.

Sebagian besar masalah memori sekilas yang kita alami dengan usia mencerminkan perubahan yang normal dalam struktur dan fungsi otak. Perubahan ini dapat memperlambat proses kognitif tertentu, sehingga agak sulit untuk belajar hal-hal baru dengan cepat atau menyaring gangguan yang dapat mengganggu memori dan belajar. Memang, perubahan ini bisa membuat frustasi ketika kita perlu mempelajari keterampilan baru atau memiliki tanggung jawab segudang. Berkat beberapa penelitian, ada berbagai strategi yang bisa kita gunakan untukmeningkatkan dan mempertajam daya ingat kita. Berikut adalah 10 cara efektif untuk meningkatkan daya ingat.
Cara Meningkatkan Daya Ingat
Bagaimana meningkatkan Daya ingat

1. Terus belajar 

Tingkat pendidikan yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi mental yang lebih baik di usia tua. Para ahli berpikir bahwa pendidikan lanjutan dapat membantu menjaga memori yang kuat dengan membuat orang ke dalam kebiasaan yang aktif secara mental. Menantang otak Anda dengan latihan mental diyakini untuk mengaktifkan proses yang membantu menjaga sel-sel otak individu dan merangsang komunikasi di antara mereka. Banyak orang memiliki pekerjaan yang membuat mereka tetap aktif secara mental, tetapi mengejar hobi atau belajar keterampilan baru dapat berfungsi dengan cara yang sama. Baca buku, bergabung dengan kelompok pecinta buku, bermain catur, menulis kisah hidup Anda, memainkan game puzzle, ikut les musik atau seni, mendesain tata letak taman dirumah anda. Hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat di tempat kerja, seperti mengusulkan sesuatu atau menjadi relawan untuk sebuah proyek yang melibatkan keterampilan Anda yang biasanya tidak digunakan. Membangun dan melestarikan koneksi otak adalah proses yang berkelanjutan, sehingga membuat kita dapat belajar seumur hidup adalah prioritas.

2. Gunakan Semua Indera Anda

Semakin banyak indera yang Anda gunakan dalam mempelajari sesuatu, semakin otak Anda akan terlibat dalam mempertahankan memori. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa menunjukkan serangkaian gambar emosional netral, masing-masing disajikan bersama dengan bau. Mereka tidak diminta untuk mengingat apa yang mereka lihat. Kemudian, mereka menunjukkan serangkaian gambar, kali ini tanpa bau, dan diminta untuk menunjukkan yang mereka lihat sebelumnya. Mereka memiliki ingatan yang sangat baik untuk semua gambar bau-berpasangan, dan terutama bagi mereka yang terkait dengan bau yang menyenangkan. Pencitraan otak menunjukkan bahwa korteks Piriform, wilayah bau pengolahan utama otak, menjadi aktif ketika orang melihat benda awalnya dipasangkan dengan bau, meskipun bau yang tidak lagi hadir dan subyek tidak mencoba untuk mengingatnya. Jadi gunakan semua indera Anda saat Anda menjelajah ke suatu hal yang asing. Sebagai contoh, cobalah untuk menebak bahan yang digunakan berdasarkan bau dan rasa dari menu baru di suatu restoran. Buatlah patung atau keramik, memperhatikan tekstur dan rasa bahan yang Anda gunakan.
Cara Meningkatkan Daya Ingat
Bermain Catur

3. Percaya Pada Dirimu Sendiri

Ada mitos tentang penuaan dapat berkontribusi pada penurunan daya ingat. Jika Anda yakin Anda dapat meningkatkan dan Anda menerjemahkan keyakinan dalam tindakan yang nyata, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjaga pikiran Anda tajam.

4. Menghemat Penggunaan Otak Anda

Jika Anda tidak perlu menggunakan energi otak untuk mengingat di mana Anda meletakkan kunci Anda atau kapan pesta ulang tahun cucu Anda, Anda akan lebih dapat berkonsentrasi dalam belajar dan mengingat hal-hal baru yang lebih penting. Manfaatkan kalender dan note, peta, daftar belanja, file folder, dan buku alamat untuk menyimpan informasi rutin yang akan diakses. Tentukan tempat di rumah untuk kacamata, tas, kunci, dan item lainnya yang sering Anda gunakan. Sehinggadata ingat anda akan meningkat.

5. Ulangi Apa Yang Anda Ingin Tahu

Bila Anda ingin mengingat sesuatu yang Anda baru saja dengar, baca, atau berpikir tentang sesuatu , ulangi kembali atau menuliskannya. Dengan begitu, Andamemperkuat memori atau koneksi. Misalnya, jika Anda baru saja diberitahu nama seseorang, gunakan ketika Anda berbicara dengan dia: "Jadi, John, di mana kau bertemu Camille" Jika Anda menempatkan barang-barang Anda di tempat lain selain tempatnya yang biasa, ucapkan dengan keras apa yang telah Anda lakukan. Dan jangan ragu untuk mengulang informasi yang diinginkan.

6.  Beri Jeda

Pengulangan adalah hal yang paling ampuh sebagai sarana belajar ketika itu diatur dengan benar. Lebih baik untuk tidak mengulangi sesuatu yang berkali-kali dalam waktu singkat, seolah-olah Anda mengejar target untuk ujian. Sebaliknya, kembali mempelajari kembali hal hal penting setelah periode yang agak lama - setelah satu jam, maka setiap beberapa jam, maka setiap hari. Jeda periode penelitian sangat berharga ketika Anda mencoba untuk menguasai informasi yang rumit, seperti rincian tugas kerja baru. Penelitian menunjukkan bahwa latihan meningkatkan jeda mengingat tidak hanya pada orang sehat tetapi juga pada mereka dengan masalah kognitif berbasis fisik tertentu, seperti yang terkait dengan multiple sclerosis.

7. Membuat mnemonic

Ini adalah cara kreatif untuk mengingat daftar. Mnemonic dapat mengambil bentuk singkatan (seperti RICE untuk mengingat saran pertolongan pertama untuk kaki terluka: Rest, Ice, Compression, dan Elevation) atau kalimat (klasik "​​Every good boy does fine" untuk mengingat catatan musik E, G, B, D, dan F pada garis-garis treble clef).

sumber : http://web-sehat.blogspot.com/2013/09/7-Cara-Efektif-Meningkatkan-Daya-Ingat.html

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App