Laporan Praktikum Konsep Dasar Internet







Disusun Oleh :
Nama                   : Abdul Aziz
NIM            : 150602001





JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK NEGERI CILACAP
2015



BAB I
DASAR TEORI

Internet adalah kependekan dari interconnected network merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Komputer-komputer yang saling terkoneksi ini saling bertukar informasi menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).
Dalam sejarahnya, internet pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh departemen Pertahanan Amerika serikat dengan nama ARPANET (US defense Advanced reasearch Project Agency) yang berfungsi sebagai media komunikasi jaringan komputer di departemen tersebut. Tahun demi tahun internet dimanfaatkan oleh dunia penelitian,  dunia pendidikan, dunia ekonomi hingga saat ini digunakan di semua lini kehidupan manusia.
Kelebihan sarana internet antara lain tidak adanya batasan jarak dan waktu dalam berkomunikasi. Para pengguna tidak diharuskan untuk bertatap muka dalam berkemunikasi.
Hal ini menjadikan internet mudah diterima oleh para penguna. Manfaat internet di dunia pendidikan dapat digunakan untuk berbagai informasi dalam bentuk artikel, materi, jurnal hingga e-learning ( pembelajaran elektronik ). Di dunia usaha, internet digunakan untuk e-commerce( transaksi jual beli elektronik) contohnya adalah situs jual beli terbesar di dunia yaitu ebay, dengan e-commercepara transaksi dapat berlangsung tanpa harus penjual dan pembeli saling bertemu walaupun penjual berada di luar negeri sekalipun. Ada juga pemanfaatan internet di dunia pemerintahan (e-goverment), perbankan (e-bangking) dan masih banyak lagi.
Untuk dapat berinternet kita memerlukan beberapa komponen antara lain perangkat untuk menampilkan tampilan website seperti komputer, laptop, netbook hingga handphone, selanjutnya harus ada akses internet yang telah disediakan oleh ISP (Internet Service Provider), modem sebagai perangkat yang digunakan untuk mengkonversi dari sinyal analog ke digital dan yang terakhir harus ada aplikasi/software yang digunakan untuk menampilkn halaman website yang sering disebut webbrowser.



















BAB II
PENJELASAN

Mozila Firefox
Aplikasi ini merupakan sebuah software yang di gunakan oleh sebagian besar orang Indonesia untuk melakukan surfingdi internet guna mencari informasi ataupun hanya sekedar hiburan, Mozila adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
Untuk speed atau kecepatan dalam pengoperasian mozila firefox masuk dalam kategori ringan. tetapi walapun ringan mozila firefox fitur yang cukup lengkap bahkan apabila kita ingin lebih kita bias menambahkan sesuai dengan keinginan kita karena addons pada mozila firefox bias kita bongkar pasang.
Sedangkan untuk bagian security atau keamanan firefox bias di bilang adalah browser yang mempunyai system kemanan yang cukup kuat. Firefox bias menyimpan password yang automatis tersimpan ketika login dengan aman, dan juga aman pula dari spam download sembarangan.
Untuk saat ini mozila firefox tersedia untuk beberapa system operasi berikut ini di antaranya adalah system operasi windows yang di gunakan sebagian besar orang Indonesia, system operasi linux, dan apple pun sudah tersedia untuk mozila firefox nya.

Google Chrome
Mendengar namanya saja pasti sudah tahu dan mengenali bahwa google adalah sebuah search engine, tetapi tak hanya berhenti di situ setelah sukses di pengembangan search engine google membangun sebuah browser yang bias di bilang sangat lengkap, karena browser google chrome sudah di lengkapi dengan aplikasi flash jadi kita tidak perlu untuk menginstall flash player di browser apabila kita ingin misalnya nonton youtube.
Google merupakan sebuah browser yang sangat ringan, bahkan untuk master installer nya yang offline installer hanya sebesar 12 Mb. Untuk melakukan surfing alias internetan google selalu menyimpan cache yang ada, sehingga ketika kita membuka situs yang pernah kita buka maka akan terasa lebih ringan. berbicara masalah ringan pasti juga dengan speed atau kecepatan, raksasa internet ini selalu memberika yang terbaik pada produk yang di hasilkan, demikian pula dengan browser buatanya, browser google ini mempunyai keringanan dan kecepatan yang lebih di bandingkan dengan browser yang lainya.
Untuk fitur yang ada di google chrome cukup lengkap, sama seperti di mozila firefox. Addons pada google chrome pun bias kita bongkar pasang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Untuk ketersediaan google chrome sudah tersedia untuk berbagai system operasi di antaranya untuk windows, linux, dan apple.
Google chrome mempunyai system keamanan yang sangat ketat, google chrome selalu menyimpan user atau password yang pernah login, tetapi walaupun begitu google chrome amat sangat sulit di bongkar untuk mendapatkan akses login yang tersimpan di chace passwordnya.

Internet Explorer
Internet explorer merupakan sebuah browser bawaan dari system operasi windows, tetapi walaupun bawaan rata-rata pengguna windows jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan browser ini. Karena selain browser ini amat sangan lambat, internet explorer juga tidak di lengkapi dengan fitur yang lengkap sehingga membuat orang atau user menjadi enggan untuk menggunakan browser yang satu ini. Tetapi walaupun lambat dalam hal keamanan internet explorer masuk dalam kategori browser yang cukup aman untuk di gunakan. Di karenakan internet explorer adalah browser bawaan dari system operasi window maka ketersediaan browser ini hanya untuk system operasi windows saja.

Opera
Opera merupakan sebuah browser yang sudah popular, tetapi untuk versi desktop pengguna memang jarang menggunakan browser opera. Karena sebagian besar pengguna menggunakan opera hanya untuk smartphone nya dan bukan untuk pc nya. Tetapi walaupun begitu opera merupakan browser yang cukup populer.
Opera merupakan browser yang cukup bagus dari kecepatanya walaupun masih kalah dengan mozile firefox dan google chrome.  Dalam hal kemanan Fitur keamanan situsnya lebih lengkap untuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer anda.
Dalam hal kemanan fitur bahkan opera menempati browser yang lengkap dengan berbagai fitur yang tersedia misalnya fitur chatting IRC yang sudah terintegrasi, mudah dalam hal memblock suatu situs yaitu hanya dengan klik kanan pada situs yang ingin diblock lalu tinggal pilih block.
Di balik kelengkapan yang ada sangat di sayangkan sekali opera hanya tersedia untuk system operasi windows, di karenakan kebanyakan pengguna komputer menggunakan system operasi windows. Mungkin di masa yang akan datang opera akan me realease versi untuk linux dan apple.  



Safari
Browser yang satu ini merupakan browser buatan apple, pada awalnya browser safari hanya untuk system operasi Mac Apple, tetapi ketika muktamar apple sedunia pihak mac aplle memperkenalkan safari untuk versi windows nya.
Untuk kecepatan ketika berjalan browser safari mempunyai kekuatan dalam memproses java script delapan kali lebih cepat dari browser yang lainya, karena browser ini dilengkapi dengan Nitro Engine. Dengan aplikasi ini browser safari bisa mengolah aplikasi-aplikasi web dengan lebih cepat. Safari juga dilengkapi juga dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman.
Safari juga mendukung format modern web berbasis html 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.
Dalam hal kemanan safari memang tidak cukup aman karena dengan di temukanya bug pada Safari yang telah diungkapkan pada bulan Mei lalu oleh peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani. Bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing.

Alexa
Alexa merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan analytic dari sebuah website, memang dulunya alexa adalah suatu web search engine tetapi berubah menjadi web analytic pada tahun 2008. alexa memberikan info yang cukup lengkap tentang traffic dan ranking suatu website. Dengan adanya alexa. Sebuah website dapat di ketahui seberapa hebat suatu website.


Bing
          Bing adalah suatu situs yang masuk dalam kategori search engine, fungsinya sama dengan google. Yaitu menyediakan form pencarian untuk mendapatkan informasi yang di inginkan. Bing hamper sama dengan google contohnya, bing memiliki webmaster tool. Sama seperti yang di miliki google. Tampilan bing lebih kompleks dari pada google. Bing biasanya terpasang otomoatis di suatu browser yang telah terinstall addons.

Yippy
Yippy adalah sebuah seach engine yang memiliki tampilan unik, tetapi sangat di sayangkan hasil pencarian yang di munculkan di body yippy sangat minim dan terlihat kurang enak di pandang. Bahkan banyak website besar yang di search di yippy tetapi menghasilkan sedikit pencarian.












FILM JENDERAL SOEDIRMAN

jenderalsoedirman-poster.jpg“Jenderal Soedirman” merupakan film biopic tentang perjalanan hidup tokoh bangsa, film ini di bintangi oleh adipati dolken yang di percayakan untuk memerankan tokoh utama sebagai jenderal soedirman, selain adipati film ini di perankan juga oleh muchus, baim wong dan lukman sardi.
Film “Jenderal Soedirman” bercerita tenang pengkhianatan belanda yang menyatakan secara sepihak sudah tidak terikat dengan perjanjian renvill, sekaligus menghentikan gencatan senjata atau perdamaian yang telah di sepakati sebelumnya. Pada tanggal 19 desember 1948, jenderal simon hendrik spoor panglima belanda memimpin agresi militer II dengan menyerang Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota republic Indonesia.

Genre Film          : Action, Biografi, drama, war
Penulis Skenario : Tubagus Deddy
Direktur               :Viva Westy
Pemeran              :Adipati Dolken, Mathias Muchus, Ibnu jamil, baim Wong.
                               Lukman Sardi, Nugie
Tanggal Tayang : 27 Agustus 2015
Soundtrack lagu : Ost Jenderal Soedirman Aku Rela Mati
Lirik Lagu           : Aku Rela Mati

“meski darah ini bertumpah terurai
meski daging ini merana dan perih
walau jantung ini berhenti berdetak
namun rasa di jiwa ini selalu untukmu”

“walau mata ini menetes kan air mata
tak berarti semangat ini pudar tuk bernyali
hatiku lemas terkulai dan kaku
tapi cinta ini tetap meski ragaku mati”

aku rela mati
aku rela mati
untukmu negaraku
indonesiaku
untukmu negaraku
indonesiaku






BAB III
KESIMPULAN


Berdasarkan hasil praktikum dan tugas konsep dasar internet, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa kita sebagai pelajar khususnya mahasiswa teknik informatika harus tahu asal muasal atau sejarah dari internet. Kita juga harus tahu apa saja yang ada di internet, apa kelebihan dan kekuranganya. Kita juga harus bias menjelaskan tentang sesuatu yang berhubungan dengan internet misalnya search engine, karena hampir semua orang yang melakukan surfing internet pasti akan menggunakan yang namanya search engine. Baik menggunakan google, bing, yippy dan yang lain sebagainya. Kita juga harus bias menjelaskan tentang browser, karena semua orang yang menggunakan internet pasti akan menggunakan yang namanya browser untuk mengakses website yang di inginkan, browser yang di maksud adalah seperti google chrome, mozila firefox, internet explorer dan yang lain sebagainya. Kita juga harus bias menjelaskan kekurangan dan kelebihan pada masing-masing browser.
loading...

No comments:

Powered by Blogger.