Materi Lengkap C++ dan Jenis Tipe data C++ - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Tuesday, October 20, 2015

Materi Lengkap C++ dan Jenis Tipe data C++

jenis jenis tipe data c++
image from stiargazer

Dalam pemograman c++ atau bahasa pemoraman lainnya ada sebuah nilai yang berfungsi untuk memberikan karakteristik terhadap suatu variabel nah nilai tersebut adalah Tipe Data dan tipe data memiliki beberapa jenis, jadi intinya Tipe data C++ merupakan nilai yang berfungsi untuk memberikan tanda pengenal terhadap suatu variabel.

Kenapa fungsinya memberikan tanda pengenal ke suatu variabel ? Karena untuk membuat suatu variabel kamu membutuhkan suatu nilai yang memberikan tanda pengenal terhadap variabel tersebut entah itu tanda pengenal berupa tipe data yang bernilai angka atau karakter. Untuk lebih jelasnya bisa kamu baca dibawah ini jenis - jenis tipe data C++.


Tipe Data C++

  1. Tipe data Bilangan bulat
  2. Pertama asya akan menjelaskan jenis tipe data integer yaitu tipe data bilangan bulat yang hanya bisa diinput / output berupa bilangan bulat dan untuk tipe data integer memiliki jangkauan dari -2,147,483,648 sampai 2,147,483,648. Maksud dari jangkauan adalah kamu hanya bisa meng-input angka dari -2,147,483,648 sampai 2,147,483,648 jika kamu melebihi itu maka outputnya yg keluar menjadi 2,147,483,648 sesuai dengan jangkauan jenis tipe data int.

    Selain int ada beberapa jenis tipe data bilangan bulat seperti : short int, unsigned int, unsigned short int, dan long.

    Untuk sytax tipe data bilangan bulat adalah int variabel_kamu; kalau kamu kurang paham bisa lihat dari gambar dibawah ini. 
    JENIS - JENIS TIPE DATA C++

  3. Tipe data Bilangan Pecahan
  4. Jenis tipe data yang kedua adalah float yaitu tipe data yang memiliki nilai bilangan pecahan atau ada angka dibelakang koma(,). jadi kamu bisa menginput nilai yang mengandung angka dibelakang koma(,) tapi saat menggunakan compiler yang digunakan adalah tanda titik(.) bukan koma(,).

    Selain float ada yang namanya double yaitu sama - sama tipe data bilangan pecahan tapi pada jenis tipe data ini kamu akan memiliki lebih dari 1 angka dibelakang koma.

    Untuk Syntax tipe data bilangan pecahan adalah float variabel_kamu dibawah ini merupakan contoh dari tipe data float 
    JENIS - JENIS TIPE DATA C++

  5. Tipe data Logika
  6. Jenis tipe data ini merupakan tipe data yang bernilai benar yang ditandai dengan angka 1 dan salah yang ditandai dengan angka 0 yang disebut dengan tipe data boolean yang memiliki sytax bool variabel_kamu = true/false; untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat di gambar dibawah ini. 
    JENIS - JENIS TIPE DATA C++

  7. Tipe Data karakter

  8. Tipe data karakter merupakan jenis tipe data yang hanya dapat diinput oleh karakter saja, terdapat 2 jenis tipe data ini yaitu string dan char yang memiliki perbedaan yaitu jika tipe data string merupakan kumpulan dari karakter jadi kamu bisa menginput lebih dari 1 karakter sedangkan untuk tipe data char kamu hanya dapat menginput 1 karakter saja.

    Untuk syntax jenis tipe data karakter adalah string variabel_kamu; dan char variabel_kamu; untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat dari gambar dibawah ini.
    JENIS - JENIS TIPE DATA C++


    Bisa kamu lihat kan perbedaan antara char dan string, ohiya saya mau ngasih tau ada beberapa compiler/IDE yang mengharuskan menggunakan #include<string> untuk dapat menggunakan tipe data string.

  9. Tipe Data Void
  10. Tipe data void merupakan jenis tipe data yang tidak memiliki nilai, tipe data jenis ini biasa digunakan untuk membuat prosedur yang tidak mengembalikan nilai.

    sumber : http://www.stiargazer.com/2015/10/jenis-jenis-tipe-data-c.html

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App