Jokowi Resmikan Gedung Baru KPK Berteknologi Tinggi, Koruptor Panas Dingin, SBY Hadir

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, diklaim menggunakan teknologi tinggi.


"Gedung ini dirancang sebagai smart building (bangunan pintar), green building (bangunan hijau) dan secure building (bangunan aman)," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa (29/12/15).


Peresmian gedung Baru KPK oleh Presiden Jokowi disaksikan SBY dan BJ Habibie (sumber foto kompas.com)
Ia menuturkan gedung baru itu merupakan bangunan hijau karena keberadaan resapan membuat tidak ada setetes pun air hujan yang mengalir ke lingkungan sekitarnya.

Serapan air hujan, menurut dia, akan digunakan untuk membilas toilet dan menyiram tanaman di gedung KPK.

Gedung baru KPK, ia melanjutkan, juga dilengkapi pengendali sentral yang memungkinkan penggunaan pendingin udara dan listrik sesuai dengan pergerakan manusia di dalamnya.


"Mudah-mudahan gedung ini menjadi contoh dan untuk membuat gedung tenaga surya lain," kata Agus.

Aliran orang yang masuk dan keluar gedung itu, menurut dia, juga sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pemeriksa tidak akan bertemu dengan terperiksa.

"Kami juga mendesain orang yang masuk ruang tertentu hanya di ruang yang berhak karena ada 70 ruang pemeriksaan. Seseorang terperiksa di ruang satu tidak mungkin masuk ruang dua, aliran terperiksa dan pemeriksa tidak mungkin bertemu," kata Agus.

Selain itu, setiap ruangan dilengkapi dengan perekam dan alat yang langsung menerjemahkan suara menjadi tulisan.

Agus menyebut perjuangan untuk membangun gedung baru itu tidak sederhana. Masyarakat pun sampai berduyun-duyun ikut saweran lewat gerakan Koin untuk KPK demi mendukung pembangunan gedung itu pada 2012.

"Dengan adanya itu alhamdulilah teman-teman DPR menyetujui anggaran yang cukup untuk gedung KPK," katanya.

Bangunan dengan 16 lantai seluas 39.629 meter persegi itu mulai dibangun tahun 2013 menggunakan anggaran tahun jamak Rp314,15 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

SBY dan BJ Habibie Hadiri Peresmian Gedung Baru KPK

SBY tiba di gedung baru KPK pada Selasa (29/12) sekitar pukul 8.30 WIB. Tak lama kemudian, BJ Habibie tiba. Kedua mantan orang nomor satu di Indonesia itu langsung masuk ke gedung baru KPK dan menuju ruang tunggu VVIP. Keduanya masih menunggu kehadiran Presiden Jokowi.

KPK memang mengundang semua mantan presiden untuk menghadiri peresmian gedung baru ini. Namun, Megawati Soekarnoputri tidak nampak hadir.

Sejumlah pejabat negara sudah terlihat hadir, antara lain Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Jaksa Agung M Prasetyo, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Menhut Siti Nurbaya, dan beberapa menteri lain. 
loading...

No comments:

Powered by Blogger.