Kisah Sejarah Presiden Amerika beri helikopter gratis karena kagum pada Soekarno

Polemik pembelian helikopter kepresidenan Augustawestland AW-101 berakhir. Presiden Jokowi menolak rencana TNI AU membeli pesawat yang diproduksi Inggris dan Italia. Jokowi menegaskan helikopter kepresidenan masih cukup bagus.

Kisah Presiden AS beri helikopter gratis karena kagum pada Soekarno


Dulu ada cerita menarik soal helikopter kepresidenan. Presiden Soekarno pernah dibeli helikopter oleh Presiden AS John F Kennedy. Hal itu dilakukan Kennedy karena kagum pada Presiden Soekarno.

Saat itu Presiden Soekarno berkunjung ke AS. Kennedy menyambutnya dengan baik. Secara chemistry mereka langsung cocok. Kennedy mengajak Soekarno berkeliling dengan helikopter kepresidenan milik AS.

"Apa Bung Karno suka dengan helikopter ini?" tanya Kennedy.

"Ya,ini helikopter yang sangat bagus dan kuat," balas Soekarno.

"Kalau suka, Bung boleh bawa pulang helikopter ini sebagai hadiah," kata Kennedy.

Tak cuma itu, Kennedy juga mengizinkan Indonesia membeli pesawat angkut C-130 Hercules guna misi perebutan Irian Barat. Kennedy juga yang menekan Belanda supaya tak keras kepala melanjutkan perang di Irian Barat.

Kennedy menganggap Soekarno sebagai sahabat. Begitu juga sebaliknya. Tak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah.

"John F Kennedy adalah seorang sahabat yang sangat memahami diriku. Dia mendekatiku secara langsung dan hangat," kenang Soekarno soal presiden AS itu.

Soekarno sangat gembira saat Kennedy mau berkunjung ke Jakarta tahun 1964. Dia membuat sebuah paviliun khusus di Istana Merdeka. Soekarno ingin Kennedy adalah tamu kehormatan pertama yang menempati paviliun khusus itu.

Sayang, Kennedy kemudian tewas ditembak secara misterius. Soekarno kehilangan salah satu sahabat terbaiknya.

"Kalau Kennedy masih hidup, kedua negara ini (Indonesia dan AS) mungkin tak akan terlalu berseberangan," sesal Soekarno.
sumber : merdeka
loading...

No comments:

Powered by Blogger.