Laporan Buku Panduan Online Shop Politeknik Negeri Cilacap



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Pada era yang serba mudah ini membuat masyarakat semakin di manjakan dengan berbagai macam varian teknologi informasi termasuk dalam proses transaksi jual beli, dahulu apabila seseorang ingin membeli suatu produk atau barang, maka dia harus pergi ke took atau pasar yang menjual barang yang dia inginkan, tetapi sekarang dengan bantuan teknologi informasi seseorang yang ingin membeli barang atau produk, dia cukup membuka suatu website toko online.

Tujuan
Tujuan pembuatan website toko online adalah untuk merealisasikan toko yang sebelumnya hanya ada di dunia nyata untuk di buat dalam dunia maya sehingga orang yang berada di luar kota ataupun bahkan luar negeri bias berbelanja di toko tersebut.

Manfaat
Dengan adanya toko online ini, ada berbagai macam manfaat yang di dapat oleh pemilik toko dan para pembeli, untuk pemilik toko manfaat yang di dapat dari toko online adalah anda tidak perlu repot-repot seperti toko yang nyata, karena pada toko online produk yang di pajang berupa foto-foto pakaian.


BAB II
DESKRIPSI SISTEM

Pada toko online yang akan di buat pada buku panduan ini adalah sebuah toko online yang menggunakan self host atau hosting, hosting bias anda dapatkan dari penyedia hosting seperti idhostinger, webhoster, jual-hosting dan masih banyak lagi.
perlu di ketahui bahwa untuk mendapatkan domain kita juga harus pilih-pilih penyedia atau vendor domain yang terpercaya, karena apabila anda menyewa domain dari vendor abal-abalan maka website anda akan sering bermasalah.
Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan itu, saya sarankan untuk menyewa domain untuk website anda di vendor terpercaya seperti www.jualhosting-domain.com. Pada website toko online yang di buat ini menggunakan cms wordpress yang di dukung dengan plugin tambahan khusus toko online yaitu woocommerce. Dengan plugin woocommerce produk yang berada di website anda akan tertata dengan rapih an lebih nyaman di pandang, plugin inilah yang menjadi inti utama sebuah website akan menjadi sebuah toko online.






BAB III
DATABASE

Cara membuat database pada hosting untuk toko Online
1.    Pertama untuk membuat akun online shop, kita harus masuk ke hostinger nya terlebih dahulu, caranya masuk ke www.idhostinger.com lalu untuk mempermudah login kita menggunakan akun gmail. Yaitu dengan klik logo gmail di samping form untuk memasukan email dan password di sebelah kanan atas.






2.    Kemudian tarik layar ke bawah, kemudian cari Database lalu cari DatabaseMySql, akan muncul seperti pada gambar di atas.

3.    Kemudian klik pilihan DatabseMySql, apabila sudah di klik maka laman akan mengalihkan ke halaman DatabseMysql, tampak seperti gambar.


4.      Apabila sudah muncul tampilan seperti di atas, langkah selanjutnya adalah mengisi form “Nama database” ,”Username”,”Password” apabila sudah di isi secara lengkap, selanjutnya adalah klik tombol “Buat”.

5.      Apabila sudah berhasil akan tampil username dan nama database yang sudah di buat pada “daftar database dan username Mysql. Tampak seperti gambar di bawah ini.


Hosting media penyimpanan Web
Hosting adalah sebuah media penyimpanan online yang berfungsi untuk menyimpan data-data website yang bisa di upload dari xampp dan di upload lewat filezilla melalui jalur ftp. dan dalam website ini hosting di gunakan untuk menyimpan foto-foto produk, file wordpress, plugin. Berikut cara mengakses cpanel hosting, dalam hal ini menggunakan idhostinger.
Cara Login Cpanel Hosting
1.    Pertama buka browser anda, misalnya google chrome, lalu ketika pada address bar  www.idhostinger.com maka akan tampil seperti gambar berikut ini. ( sebelumnya anda sudah login gmail terlebih dahulu )


2.    Kemudian klik logo G+ pada sebelah kiri form untuk login idhostinger, karena dalam hal ini kita akan menggunakan gmail untuk mendaftar, sehingga tidak perlu repot-repot mengisi data diri lagi. dan apabila sudah di klik maka tampilan cpanel akan segera anda lihat.


BAB IV
PANDUAN PENGGUNAAN ADMIN

Untuk cara menggunakan website ini yang dalam hal ini adalah administrator tergolong mudah dan bertampilan userfriendly. Berikut langkah-langkah penggunaan admin yang akan di jelaskan secara rinci sebagai berikut.
Cara Membuka Aplikasi Xampp
1.    Pertama buka aplikasi xampp dengan cara klik dua kali ikon xampp pada desktop, kemudian klik start pada Apache dan MySql sampai indicator berwarna hijau.

2.    Kemudian buka browser anda lalu ketika “Localhost/wordpress” wordpress adalah nama data anda yang tersimpan di data C. kita mengakses dari browser, penggunaan xampp tampilanya sama seperti menggunakan hosting, jadi akan lebih familiar apabila file di ekspor ke hosting.

Cara Login Dashboard Website
1.      Pertama buka browser anda, kemudian ketik www.yanuarramadhan.esy.es/wp-admin maka anda akan di arahkan halaman login admin. Lalu isikan pada form user dan password “admin” lihat seperti gambar berikut ini.



Cara Mengganti Theme
1.      Pertama buka Appreance kemudian klik theme, maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini. Perlu di ingat bahwa theme yang akan di gunakan di toko online ini adalah theme yang support woocommerce dan plugin online shop lainya.

2.      Kemudian klik tombol “Add New”  untuk menmbahkan theme yang anda inginkan. Tampilan seperti di bawah ini.

3.        Langkah selanjutnya adalah klik tombol “Upload Theme” lihat seperti gambar di bawah ini.


4.        Lalu klik “choose file” kemudian upload file .zip yaitu theme anda. Perlu di ingat bahwa theme yang anda upload harus theme yang support dengan woocommerce.







Cara Membuat Menus
1.      Pertama klik pada tab “appreance” kemudian masuk pada sub tab “menus” maka tampilanya akan seperti gambar di bawah ini.


2.      Kemudian ketikan nama menu yang anda inginkan pada form add menu, kemudian klik add, maka secara otomatis menu akan segera tampil di halaman website.



Cara Menambahkan Widget
1.      Pertama masuk menu Appreance kemudian klik sub menu Widget. Di dalam halaman widget, anda tinggal menggeser widget yang anda ingin kan ke bagian kanan halaman web widget, maka secara otomatis widget segera tampil.


Cara Menambahkan Kategori
1.      Pertama klik menu Produk lalu klik sub menu kategori, apabila sudah benar maka akan tampil halaman seperti berikut.

2.         Kemudian klik “add new kategori”, lalu masukan data kategori yang anda inginkan mulai dari nama sampai gambar kategori.


3.      Apabila sudah lengkap semua data kategorinya langkah selanjutnya anda tinggal klik submit, maka kategori yang baru anda tambahkan sudah tampil.




Cara Menambahkan Produk
1.      Pertama buka menu Produk, kemudian klik sub menu produk, lalu klik “Add New” maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini.


2.      Kemudian isi semua data Produk yang anda tambahkan, mulai dari harga sampai gambar produk yang anda jual. Apabila sudah selanjutnya klik “Publish”


Cara Menambahkan Plugin
1.      Pertama masuk menu “Plugin”  dan apabila sudah maka akan tampil seperti berikut ini.


2.      Kemudian klik”Add New” lalu akan tampil seperti gambar di bawah ini. Lalu ketik pada form pencarian plugin yang ingin anda pasang.



Cara Logout Dashboard
1.      Pertama arahkan pointer ke bagian kanan atas halaman, lalu klik logout, maka anda akan segera di arahkan ke halaman redirect logout.


Cara Pemesanan Barang
1.      Pertama pilih barang atau produk yang anda ingin kan dengan cara klik “Tambahkan ke Ranjang”


2.      Kemudian pada keranjang di sebelah kanan atas halaman website klik tombol “Checkout”


3.      Lalu pada halaman checkout silahkan isi data diri anda, ingat ata diri pembeli harus di isi dengan lengkap, jangan sampai ada yang tertinggal.




loading...

No comments:

Powered by Blogger.