Salut! HN Expo 2015 Kenalkan Produk Khas Pertanian Sumatera Utara

Himadita Nursery Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara mempersembahkan program HN Expo 2015 yang mengusung tema Eksplorasi Pertanian Khas Provinsi Sumatera Utara, di pelataran Gelanggang Universitas Sumatera Utara, Sabtu (28/11/15). 

Gustiyansyah Ilham, yang merupakan Ketua Panitia Penyelenggaraan HN Expo 2015, menyebutkan, belakangan ini tidak hanya masyarakat yang tidak mengenal produk hasil pertanian khas Sumut. Bahkan, mahasiswa Pertanian sendiri pun banyak yang tidak mengetahuinya. “Jadi masalah klasik kita adalah tidak paham betul produk asli Sumut, bahkan teman - teman mahasiswa pertanian juga, nah di HN Expo kita explor semuannya. Karena itu, kita mengangkat tema mengeksplorasi hasil pertanian khas Sumut. Mungkin alasannya karena kerja di perkebunan jauh dari peradaban. Makanya dengan kegiatan ini, mereka mengetahui kalau kuliah di Pertanian mau jadi apa,” ujarnya. Ilham mengungkapkan, ada banyak hasil pertanian yang khas asli Sumut yang dipamerkan pada HN Expo 2015 ini. 

Foto Bersama (Kiri-Kanan) : Alumni HN FP USU, Gustiansyah Ilham (Ketua HN Expo 2015), Zainal Abidin (Ucok Durian), Dr. Luthfi Bansir, SP, MP (Penghulu Buah Kalimantan), Dr. Ir. Catur Hermanto  (Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara), Dr. Lisnawita, SP, M.Si (Moderator Seminar),  Dr. Ir. Yaya Hasanah, M.Si. (Pembina Himadita Nursery), dan Ardiansyah (Ketua Himadita Nursery) berfoto bersama usai Seminar Nasional HN Expo 2015 di Gelanggang Mahasiswa, 
Universitas Sumatera Utara, (28/11/15).
Doc. By. Gilangphotograph | Grup Lensa Berita Network
Pameran produk khas Sumatera Utara tersebut dirangkai dengan Seminar Nasional yang menghadirkan Dr. Luthfi Bansir, SP, MP yang merupakan Penghulu Buah - Buahan di Kalimantan, Zainal Abidin Chaniago (Ucok Durian) retailer durian yang sudah terkenal di seantero nusantara, Dr. Ir. Catur Hermanto, MP nara sumber dari Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan, sebagai moderator dipimpin oleh Dr. Lisnawita, SP, M.Si.

Seminar Nasional tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian USU Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti Nasution, MS. Rangkaian seminar nasional tersebut menyita perhatian kurang lebih 500 mahasiswa yang berasal dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia seperti Mahasiswa USU, Universitas Padjajaran Bandung (Unpad), Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas), beberapa universitas negeri dan swasta tampak berhadir.

Tampak dalam pameran berbagai macam tanaman bonsai, ada juga tanaman lainnya seperti hidroponik, jambu madu, biwa dan tanaman hias, kelengkeng merah, kelapa kopyor, beat cherry, dan Dendrobium tobaense . Bahkan, ada tanaman pepino yang di Sumut bisa tumbuh subur di daerah Berastagi. Tapi banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaatnya. Padahal, di luar negeri harganya mahal. Namun, justru di Sumut buah ini tidak ada harganya, malah hanya jadi tanaman dipagar saja. 

Dalam sambutannya, Prof. Ir. Dharma Bakti mengapresiasi acara yang dilaksanakan Himadita Nursery FP USU ini. Dia juga bercerita ketertarikannya dengan tanaman durian, bahkan, Calon Rektor USU ini juga mengatakan bahwa periode 2012 - 2015 Dia sudah mencanangkan penanaman pohon yang jumlahnya sudah ratusan ribu di Wilayah Danau Toba yang dirangkai dalam program Toba Go Green. "Saya gembira, ini sudah menjadi program adek - adek di HN ini, acara seperti ini tentu kita apreasiasi" paparnya.

Ketua HN Fakultas Pertanian USU, Ardiansyah, menambahkan, bahwa kedepannya HN FP USU akan membuat inovasi - inovasi lagi untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik mahasiswa pertanian khususnya dan masyarakat pada umumnya. 

Dr. Ir. Yaya Hasanah, MP yang merupakan pembina Himadita Nursery mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung. Dia juga berterima kasih kepada panitia yang bekerja keras untuk kesuksesan acara tersebut. "Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dan adek - adek mahasiswa, sukses untuk acaranya, tetap semangat dan rajin 
loading...

No comments:

Powered by Blogger.