Hadiah Tahun Baru, Jokowi Resmikan Pabrik Sagu Terbesar, Rakyat Senang! - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Sunday, January 10, 2016

Hadiah Tahun Baru, Jokowi Resmikan Pabrik Sagu Terbesar, Rakyat Senang!

Presiden Jokowi sore ini meresmikan pabrik sagu milik Perum Perhutani di Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan.

Tiba pukul 15.30 WIT, memakai helikopter Super Puma, Jokowi langsung disambut tarian khas Kais bernama Yempo. Puluhan pria dan wanita menyambut Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi. Jokowi dan istri memperoleh hadiah berupa noken khas Papua.


Jokowi dan Rombongan tiba di Papua
Sumber foto : kompas.com
Jokowi bersama rombongan langsung berkeliling area pabrik didampingi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama Perhutani, Mustoha Iskandar.

Tak sampai 5 menit berkeliling pabrik, Jokowi langsung diminta memberi sambutan kepada ratusan tamu undangan yang merupakan warga lokal hingga perwakilan pemerintah daerah Papua.

Jokowi mengharapkan pabrik yang terbesar di Indonesia ini bisa memberi manfaat bagi warga Papua.


"Semoga pabrik tepung sagu ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," Kata Jokowi di Pabrik Sagu Perhutani, Kais, Sorong Selatan, Papua Barat, Jumat (1/1/2015).

Seperti diketahui, pabrik sagu ini bisa mengolah 6.000 batang sagu ukuran 1 meter (tual) dan memproduksi 100 ton tepung sagu tiap harinya.

Tual dipasok dari warga lokal. Setiap 1 batang tual, warga memperoleh Rp 9.000 secara tunai, sedangkan pemilik ulayat lahan sagu memperoleh Rp 900 per tual yang dipotong warga.

Produksi dimulai 1 Januari 2016. Selama 3 bulan pasca produksi, terdapat proses commissioning atau ujicoba. 

Selama 1 tahun, proses produksi hanya 50% dari kapasitas terpasang. Produksi maksimal baru dimulai di 2017.

Selain itu, Jokowi sempat mendapat pesan dari Dirut Perhutani selama berkeliling area pabrik. Ia mengaku dibisiki tentang tak ada adanya akses jalan hingga jaringan listrik PT PLN di Kais karena jaringan listrik mengandalkan genset berbahan bakar solar.


"Saya dibisiki Pak Dirut, jalan belum diaspal. Kemudian bilang, listrik juga belum ada," jelasnya.

Usai meresmikan pabrik sagu bernilai Rp 150 miliar ini, Jokowi bersama istri langsung bersalaman dengan tamu. Selama menuju helikopter, Jokowi menjadi rebutan warga dan tamu untuk bersalaman.

Sebelum masuk ke dalam helikopter kepresidenan, Jokowi dan istri secara bergantian membagikan buku gratis kepada siswa SD sampai SMA yang hadir di peresmian pabrik sagu milik Perhutani.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App