Pilih Lanjut Kuliah atau Kerja dulu

dul.website - tulisan dalam judul tersebut memang selalu membuat kebimbangan untuk setiap anak-anak sma atau smk yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah atas nya, ada yang berpikiran kerja dulu deh, nanti uangnya buat kuliah, ada juga yang bilang kerja dulu deh buat bantu-bantu orang tua. ada lagi yang mengatakan pengenya sih kuliah tetapi keadaan orang tua di rumah tidak mendukung.



lalu bagaimana untuk mengatasi itu semua, ada beberapa pernyataan saya yang akan di uraikan di dalam postingan kali ini, karena kejadian seperti ini selalu ada setiap tahunya bahkan ada yang mengambil keputusan yang salah, harusnya kuliah dulu malah dia kerja atau bahkan harusnya di kerja dulu tetapi malah kuliah, lalu seperti apa sih yang harusnya kerja dulu atau kuliah dulu setelah lulu sma. berikut ini adalah uraian apakah harus kuliah dulu ataukah kerja dulu, hal ini bertujuan supaya kamu tidak salah ambil keputusan.

1. Orang tua mampu dan kamu ada keniatan kuliah
ini adalah sebuah keburuntungan bagi kamu yang mempunyai orang tua mendukung kamu untuk kuliah dalam hal ini dukungan berupa harta untuk biaya kuliah kamu, jika hal demikian kamu harus menggunakan uang orang tua tersebut dengan sebijak mungkin jangan sampai harta yang di keluarkan kedua orang tua kamu itu menjadi sia-sia karena kamu kuliah dengan main-main saja, kamu harus semangat untuk kuliah karena di luar sana banyak anak-anak yang kepengin kuliah tetapi orang tuanya tidak mempunyai biaya untuk menyekolahkan anaknya.

2. Orang tua mampu dan kamu pengenya kerja
kalo hal demikian adanya maka yang harus kamu pilih adalah kerja karena dalam hati nurani kamu belum ada keniatan untuk kuliah, karena akan sis-sia harta yang d keluarkan kedua orang tua kamu tetapi kuliah kamu tidak bersungguh-sungguh. ingat bahwa biaya untuk kuliah itu tidak sedikit apalagi bagi kamu yang kuliah di luar kota, orang tua kamu tidak hanya membiaya kuliah kamu tetapi juga harus menanggung biaya kos dan biaya hidup kamu di kota rantauan. dan sebaiknya kamu kerja dulu karena apabila kamu kerja dulu kamu akan merasakan bagaimana rasanya mencari uang itu susah, didalam suasana ini kamu akan merasakan bahwa sekolah itu enak tidak lelah dan banyak teman, apabila kamu sudah merasakan gimana rasanya susah cari uang kemudian kamu kuliah maka proses perkuliahan kamu akan berjalan lancar karena kamu sudah tahu gimana rasanya cari uang dan kamu akan merasa gimana kedua orang tua kamu membanting tulang untuk biaya kuliah

3. Orang tua tidak mampu tapi kamu ada keniatan kuliah
kalau memang ini adanya maka jawaban saya adalah kamu kuliah, tenang saja pemerintah mengeluarkan banyak dana untuk pendidikan beasiswa kuliah yang pertama kamu harus pandai, pandai memanfaatkan peluang yang harus kamu incar adalah beasiswa bidikmisi, pertama kamu harus di nyatakan di terima di suatu perguruan tinggi negeri dulu kemudian kamu mengajukan beasiswa bidikmisi jika keadaan rumah kamu benar-benar tidak mampu maka kem ungkinan untuk di terima beasiswa bidikmisi adalah 90% di terima, kamu harus jujur dan melangkapi semua berkas yang diminta kamu jangan sampai ada berkas yang palsu.

4. orang tua tidak mampu dan kamu tidak ada keniatan kuliah
kalau ini sih jelas kamu harus kerja mau apa coba kalau gak kerja, kuliah udah gak ada biaya kamu nya juga gak ada keniatan untuk kuliah. kamu harus kerja untuk membantu keuangan orang tua jikalau kamu sudah tidak ingin kuliah maka kamu harus kerja untuk membiaya kuliah adik kamu, jika kamu punya adik kamu harus memotivasi adik kamu supaya adik kamu tidak seperti kami sesusahan mencari uang. kamu harus bisa membiaya kulah adik kamu supaya kehidupan di keluarga kamu tidak selamanya terpuruk, kaya bolehlah tujuh turunan tetapi miskin jangan sampai di turunkan.

itulah beberapa uraian saya tentang bagaimana mengatasi cara berfikir yang salah untuk kuliah atau kerja setelah lulus sma. setelah membaca postingan ini kamu harus sudah bisa kemana kamu akan melanjutkan untuk hidup mau masuk perkuliahan atau kerja, pikirkan mulai dari sekarang supaya kamu sudah ada ancangan planing kedepan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga masa depan kamu sukses, terima kasih.
loading...

No comments:

Powered by Blogger.