Plus Minus Secagkir Kopi Buat Anda Pecinta Kopi

Berbicara tentang kopi, banyak yang bilang jika mengkonsumsi kopi setiap hari dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Namun tahukah anda, jika pandangan itu tidak selamanya benar. Karena beberapa penelitian menunjukkan kopi justru memiliki manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi tidak lantas anda terus mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Manfaat kopi bagi kesehatan dapat diperoleh jika anda minum dalam takaran yang pas. Selain itu, akan lebih baik jika anda minum kopi setelah perut terisi atau setelah makan. Jika anda tidak bijak dalam menakar kopi yang diminum, minuman hitam ini dapat berakibat buruk bagi tubuh.


Kandungan Kopi

Kandungan utama dalam kopi sudah pasti adalah kafein. Senyawa alkeloid ini aman dikonsumsi dalam dosis tertentu, jika melebihi dosis yang ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Dan dalam jangka panjang akan memicu kanker dan insomnia. Disamping kafein terdapat juga Ethyphenol, zat yang memberi aroma khusus pada kopi. Rasa asam pada kopi didapat dari zat Quinic acid. Dalam dunia medis zat ini bermanfaat sebagai obat flu. Manfaat kopi bagi kesehatan mungkin didapat dari zat Dicaffeoylquinic acid. Zat ini adalah salah satu jenis dari zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dalam kopi juga terkandung Niacin, Trigonelline, Putrescin, dan Acetylmethylcarbinol.

Manfaat Minum Kopi

Penelitian terkini menemukan fakta bahwa minum kopi dalam jumlah wajar akan menghasilkan manfaat bagi kesehatan ogan tubuh. Dengan catatan tidak ada penambahan gula, krim, atau susu kedalamnya.

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke
Keuntungan kopi bagi kesehatan yaitu dapat mengurangi resiko seseorang terkena stroke dan juga mengurangi anda konsumsi obatkolesterol. Rata-rata jantungdan stroke diawaliolehkolesterol yang tinggi. Menurut sebuah riset yang dilakukan para peneliti, mengungkap fakta bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir resiko terkena stroke hingga 19% hanya dengan minum 2-3 cangkir kopi setiap hari. Meminum kopi dalam takaran tersebut juga tidak lantas memicu serangan jantung.

2. Melindungi kopi dari Sirosis
Kopi juga dapat melindungi hati dari serangan sirosis yang diakibatkan oleh kecanduan minuman keras.

3. Menurunkan resiko penyakit diabetes tipe II
Konsumsi kopi beberapa cangkir sehari ternyata dapat menjauhkan diri dari diabetes tipe II. Hal ini didapat dari kandungan Asam klorogenik yang berperan memperlambat penyerapan kadar gula pada sistem pencernaan tubuh. Selain itu, Asam klorogenik mampu meningkatkan insulin dalam tubuh.

Setelah mengetahui manfaatnya, jangan lantas anda melupakan kerugian kopi bagi kesehatan. Sebuah jurnal yang diterbitkan Mayo Clinic Proceedings menunjukkan jika seseorang dengan usia dibawah 55 tahun minum lebih dari 4 cangkir kopi sehari, maka memiliki kemungkinan 20% meninggal dalam waktu 17 tahun kedepan. Kerugian kopi yang berpengaruh pada penampilan anda adalah menyebabkan gigi kuning dan nafas berbau tidak sedap.

Kafein yang merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam kopi memberi dampak buruk pada sistem kardiovaskuler. Seperti memicu denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dampak buruk kopi bagi kesehatan yakni dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, terlebih jika diminum sebelum makan. Kafein yang berlebih dapat menyebabkan insomnia atau penyakit susah tidur. Akan bertambah parah saat anda minum kopi dengan kombinasi rokok.

Solusinya jika anda ingin mendapat manfaat kopi bagi kesehatan, cobalah konsumsi kopi 2-3 cangkir setiap harinya. Namun jika anda merasakan efek negatif pada tubuh, segera hentikan kebiasaan minum kopi. Dan selanjutnya konsultasikan dengan dokter untuk tindakan lebih lanjut.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2013-2018 Otakcerdas - All Rights Reserved
Back To Top