7 Posisi Strategis Untuk Meraih Rahmat Allah SWT

Seorang muslim yang dirahmati Allah SWT akan disayangi dan dicintai Allah sehingga kehidupan dunia dan akhiratnya telah dijamin dengan baik. Setiap manusia dapat melakukan segala akitivitas di dunia karena adanya rahmat dan kasih sayang Allah SWT, hal ini tertulis dengan jelas dalam Al-Quran yaitu QS. Al-A’raf ayat 156. Setiap muslim yang beriman selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Bagaimana cara meraih rahmat Allah SWT?

7 Posisi Strategis Untuk Meraih Rahmat Allah SWT

Setiap manusia yang beriman kepada Allah SWT bertujuan ingin mendapatkan rahmat dari-Nya dan inilah 7 posisi strategis untuk meraih rahmat Allah. 

Berikut adalah tujuh posisi strategis untuk meraih rahmat Allah SWT yang dapat dipelajari oleh setiap muslim:

1. Beriman dan berpegang teguh kepada Allah SWT
Dalam QS. An-Nisa ayat 175 telah diterangkan bahwa orang-orang yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan selalu berpegang teguh pada Islam, maka mereka akan mendapat rahmat Allah SWT serta telah disiapkan baginya surga dengan seluruh kenikmatannya. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita mempertebal keimanan dan meneguhkan hati untuk selalu berpegang kepada Allah SWT.

2. Bertaqwa kepada Allah SWT dan Rasulnya
Langkah meraih rahmat dan ridha Allah selanjutnya adalah bertaqwa kepada Allah SWT. Dalam QS. Al-Imran ayat 132 telah diterangkan bahwa orang-orang yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT dan taat kepada Rasulullah maka mereka akan mendapat rahmat yang dapat membawanya menuju pintu surga.

3. Selalu bersabar menerima musibah
Allah memberikan cobaan atau musibah kepada hamba-Nya tidak melebihi kekuatannya dan semua musibah itu merupakan media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 155-157 telah diterangkan bahwa orang-orang yang selalu bersabar menghadapi musibah dan cobaan dari Allah SWT akan mendapat ampunan serta rahmat yang dapat membawa mereka menuju kenikmatan surga.

4. Melakukan kebaikan
Islam mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu melakukan kebaikan kepada orang lain tanpa pandang bulu. Berbuat baik kepada orang lain dapat membawa kebaikan untuk diri sendiri dan juga orang lain. Dalam QS. Al-A’raf ayat 56 telah diterangkan bahwa Allah SWT memberikan rahmat kepada hamba-Nya yang selalu berbuat baik tanpa pamrih.

5. Mohon ampunan kepada Allah SWT
Cara meraih rahmat Allah berikutnya adalah selalu beristighfar. Setiap manusia tidak luput dengan dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa besar sehingga Rasulullah menganjurkan kepada setiap umatnya untuk selalu beristighfar dan meminta ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukannya. Dalam QS. An-Naml ayat 46 telah diterangkan bahwa orang-orang yang selalu mohon ampunan kepada Allah SWT akan mendapat rahmat dari-Nya.

6. Mendengar bacaan ayat suci Al-Quran
Al-Quran merupakan kalam Allah SWT sebagai pedoman hidup manusia di dunia. Bagi setiap muslim yang membaca Al-Quran akan mendapat pahala yang besar meskipun hanya satu ayat saja. Dalam QS. Al-A’raf ayat 204 telah dijelaskan bahwa orang-orang yang diam dan mendengarkan Al-Quran saat dibacakan maka Allah SWT akan merahmatinya.

7. Mendamaikan pertengkaran dua mukmin
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menciptakan kedamaian dan menghindari pertengkaran. Jika seorang muslim melihat adanya pertengkaran dan perselisihan maka sudah menjadi kewajibannya untuk mendamaikannya. Dalam QS. Al-Hujurat ayat 10 telah diterangkan bahwa seorang muslim yang mendamaikan orang lain yang sedang bertengkar dan berselisih maka dia akan mendapat rahmat dari Allah SWT sehingga dapat mendekatkannya ke pintu surga.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2013-2018 Otakcerdas - All Rights Reserved
Back To Top