Ketahuilah… Ini Mahar Yang Paling Barakah Menurut Islam - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Monday, April 25, 2016

Ketahuilah… Ini Mahar Yang Paling Barakah Menurut Islam



Mahar yang barakah mahar tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya pernikahan atau akad nikah. Dapat diartikan mahar merupakan salah satu bagian dari sebuah pernikahan.

saking pentingnya mahar, tak sedikit penghulu yang menanyakan mahar sebelum akad dimulai.menurut syariat islam mahar merupakan syarat syahnya sebuah pernukahan yang mempunyai pengaruh suatu pernikahan barakah atau tidak. Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan suatu mahar yang barakah dalam kehidupannya.

Lalu mahar yang bagimanakah mahar yang barakah itu?  dlam beberapa hadits dijelaskan mahar diubungkan dengan keberkahan suatu pernikahan dan keberkahan bagi seorang istri. Dan asalkan tahu pernikahan yang barakah itu ialah pernikahan yang mudah maharnya.

Seperti penjelasan hadist dibawah ini

Hadist Mahar

Mudahnya mahar bukan berarti mahar yang murah. Nabi Muhammad memberi pada istrinya rata-rata 12,5 uqiyah dan kalau di uangkan senilai 100 juta rupiah. namun tak sedikit pula sahabat yang menika dengan mahar yang relatif kecil. Sebenarnya yang paling penting ialah mahar yang diridhai istri. Mudah di sini adalah sesuai kemampuan calon suami dan tak kesulitan mencarinya.

Dalam agama islam pemberian mahar merupakan tanda penghormatan pada wanita , yang mana pada zaman jahiliyyah hak mereka dihapus dan disia-siakan. Pemberiah mahar Allahmenjelaskan dalam Surat An-Nisa’: 4

An nisa 4

Namun yang perlu digaris bawahi, jika isteri memberikan maharnya dalam keadaan malu, takut maupun terpaksa maka tidak halal menerimanya. Sebagaimana firman Allah SWT.

Dalill Mahar

Dapat disimpulkan bahwa mahar yang barakah adalah mahar yang mudah, dan diridhai istri. Untuk itu mudahkanlah mahar maka Allah akan memberkahi pernikahan.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App