Rasulullah Melihat Sahabat Ini Berkeliling Surga - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Tuesday, April 26, 2016

Rasulullah Melihat Sahabat Ini Berkeliling Surga

Sepeti yang kita tahu jika di dalam surga kita akan mendapatkan semua yang kita inginkan. Selain itu, dijelaskan jika surga adalah tempat yang penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan luar biasa. Sungguh bahagianya orang yang dijanjikan surga oleh Allah. Siapa yang tak bahagia jika bisa masuk ke dalam surga karena ia akan mendapatkan kenikmatan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Rasulullah Melihat Sahabat Ini Berkeliling Surga

Beruntunglah orang yang selalu dimudahkan jalannya dalam beramal shaleh, bagaikan jalanan yang mulus tanpa halangan sehingga ia dapat sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan mudah. Sungguh bahagianya orang yang telah dijamin masuk surga oleh Allah padahal ia masih hidup di dunia.

Banyak riwayat yang menjelaskan mengenai hal itu. Bahkan banyak di antara sahabat Rasul yang mati dalam keadaan syahid di medan pertempuran membela Islam. Nabi juga menyebutkan jika ia telah masuk surga dan berkeliling di dalamnya, serta bersenang-senang dengan para bidadari.

Sahabat Nabi ini juga ikut dalam perang Badar. Diketahui jika ia termasuk orang yang menyumbang saham begitu besar atas kemenangan umat Muslim dalam perang tersebut. Karena berharap mati syahid, ia diberikan kehidupan mulia sampai akhirnya ia ikut dalam perang selanjutnya, yakni perang Uhud.

Pada perang inilah, apa yang diinginkan menjadi kenyataan. Sebelum perang, ia pun berseru dengan penuh keyakinan jika pada perang itu ia akan berada di kehijauan surga. Doa ini pun dikabulkan dan ia mati dalam keadaan syahid bersama para sahabat yang lain.

Rasulullah pun mengatakan jika sahabatnya itu telah mendapatkan hal yang positif sesuai harapannya karena ia juga memiliki prasangka yang baik terhadap Allah, Sang Maha Pencipta. Lanjut Nabi, beliau telah melihat sahabatnya itu sedang berkeliling di surga, bahkan tinggal di dalamnya. Sahabat Nabi yang berkeliling di surga ini sangatlah taat dan taqwa.

Sungguh ini adalah imbalan yang begitu besar untuk seorang hamba. Kenikmatan ini tidak dapat dirasakan oleh semua orang. Hanya orang pilihanlah yang mendapatkannya. Namun, semua pemberian ini tentunya tidak akan terlepas dari usaha hamba itu sendiri. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadits mengenai Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak mau mengubahnya. Inilah sahabat Nabi yang syahid dan berjalan di taman surga.

Surga adalah nikmat yang sangat luar biasa. Bahkan, kenikmatan itu tidak pernah terpikirkan dan lebih dari seperti yang diharapkan. Semua orang pastinya ingin masuk ke dalam surga. Namun, banyak di antara mereka yang berperilaku tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Mereka tidak melakukan apa yang diperintahkan Allah dan justru melakukan apa yang dilarang oleh Allah. Sunguh orang yang seperti ini adalah orang durhaka oleh Allah sehingga tempat yang pantas untuknya adalah neraka.

Beberapa dalil yang menjelaskan tentang gambaran surga dan neraka bertujuan untuk meningkatkan motivasi setiap hamba dalam mencapai kenikmatan luar biasa yakni surga. Allah menunjukkan betapa indahnya dan bahagianya orang yang bisa masuk ke dalam surga. Selain itu, Allah juga menjelaskan betapa tersiksanya orang yang berada di dalam neraka agar umat manusia enggan berbuat maksiat yang bisa mengantarkannya ke neraka. Oleh karena itu, ingatlah bahwa kehidupan yang hakiki adalah kehidupan di akhirat sehingga lakukanlah alaman dan ibadah sebaik mungkin sebagai bekal di akhirat.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App