Cara Optimalisasi SEO On Page - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Friday, July 15, 2016

Cara Optimalisasi SEO On Page


Ada lebih dari 200 faktor SEO yang digunakan oleh Google dalam menentukan ranking sebuah halaman blog atau website di SERP (search engine result page). dan Faktor SEO secara umum dibagi menjadi 2 macam, faktor SEO on page (di halaman) dan faktor SEO off page (di luar halaman).




Untuk postingan kali ini SEO Tools akan berbagi Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar Menurut Google, cara ini adalah rangkuman yang saya dapatkan dari 200 Faktor Google Dalam Memberikan Ranking Pada Blog 





Judul Postingan / HTML Title Tag




Judul postingan adalah faktor SEO on page yang terpenting. keyword yang sobat targetkan sebaiknya muncul di serp dan juga menarik untuk di klik. menurut percobaan yang saya lakukan, jika judul hanya mengandung target keyword, maka ranking akan lebih tinggi di serp. misalnya judul postingan "optimasi seo", maka jika ada orang yang mencari keyword di search google maka judul postingan 'sate sapi' rankingnya akan lebih tinggi daripada yang judulnya 'optimasi seo blogspot 2014'. hal ini sangat dilematis, karena kita tak hanya menulis untuk search engine saja, tetapi juga untuk manusia. maka sebaiknya judul juga harus agak deskriptif dan emosional sehingga pencari di search google ingin meng klik blog sobat dari mesin pencari.



Jumlah karakter dalam judul, sebaiknya kurang dari 66 karakter. Karena jika lebih, dalam serp google, judul postingan akan terpotong oleh karakter titik titik.





Nama Domain




Jika keyword yang sobat incar sudah berada di nama domain. maka blog sobat sudah memiliki satu poin SEO yang sangat kuat. misalnya keyword yang diincar adalah sate sapi, maka robot mesin pencari akan lebih dominan melirik ke domainsatesapi.com dari pada domain satekambing.com




URL



Usahakan untuk menamakan file halaman sobat dengan nama yang deskriptif sesuai dengan keyword target sobat. Misalnya postingan ini akan saya beri nama file http://seotoolsoft.blogspot.com/2014/02/cara-optimasi-seo-on-page-yang-benar.html. jangan menuliskannya seperti ini http://seotoolsoft.blogspot.com/2014/02/caraoptimasi-seoon-page-yangbenar-menurut.html.




Meta Description



Meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang apa isi sebuah blog atau website. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai penjelasan atau deskripsi sebuah blog. banyak master seo yang mengatakan bahwa meta description tidak lagi mempengaruhi ranking, tetapi menurut percobaan SEO Tools meta description masih merupakan faktor SEO on page dan bisa menentukan ranking, meskipun persentasenya hanya sedikit sekali.


Saran saya, tulislah meta description selain untuk search engine dan juga untuk pencari di internet. jika meta description tidak menarik, pencari dari google akan ragu meng klik blog atau postingan sobat di SERP. dan jika meta description tidak relevan dengan snippet search, maka bounce rate blog sobat akan menanjak naik karena tidak sesuai dengan harapan pencari di serp google. bounce rate adalah persentase angka jumlah user yang keluar dari blog atau website. baca Tips Ampuh Menurunkan Bounce Rate


Maksimum karakter untuk Meta Description adalah 153 karakter, lebih dari itu maka tulisan di snippet search akan terpotong oleh titik-titik (…)



Meta Keyword



Menurut kebanyakan ahli SEO, meta keyword sudah tidak dipakai lagi oleh Google untuk menentukan ranking sebuah blog atau website. Tapi menurut percobaan saya, meta keyword masih merupakan faktor SEO on page sehingga masih menentukan ranking, meskipun sangat sedikit sekali persentasenya.




Header H1 H2 H3 dst

Header adalah faktor SEO on page yang sangat penting. usahakan tiap postingan hanya memiliki 1 H1 yang unik, lalu dibagi beberapa H2 sebagai sub header (jika perlu), yang terdiri lagi dari beberapa H3, dan seterusnya, untuk membuat hierarki yang semantik.






Penekanan Keyword

Usahakan agar target keyword yang penting di postingan diberi penekanan sepertistrongbold, atau italic. search engine akan mengira bahwa kata yang ditekan ini adalah sesuatu yang penting di postingan. tapi jangan berlebihan melakukannya. selain tidak nyaman melihatnya, search engine (maksud saya para engineer-nya) juga tidak bodoh.


Menurut percobaan saya yang pertama, lebih baik untuk melakukan penekanan yang bervariasi, pakai bold, lalu italic, dst. tapi percobaan saya yang kedua membuktikan bahwa penekanan seperti ini tidak akan mempengaruhi ranking di serp. saya sendiri juga masih bingung. ya terserah sobat mau percaya yang mana. pakai saja semaunya, siapa tahu kan hehe.





Halaman yang ramah SEO

Hindari memakai flash atau iframe untuk keseluruhan halaman atau postingan blog. Google bisa membaca flash dan iframe, tapi menurutnya kedua hal itu akan sangat memberatkan bagi robot crawler.


Jika postingan blog sobat disisipi video, cantumkan juga transkrip video di halaman itu agar menjadi rich content.




Link Internal




Terkadang dalam sebuah postingan akan ada sesuatu yang dibahas lebih dalam di postingan yang lain. maka jika ada kesempatan ini, usahakan untuk memakai teks anchor yang ditarget. seperti Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar Menurut Algoritma Hummingbird lebih baik daripada menggunakan kata-kata klik di sini





Gambar Dalam Postingan

Jika di postingan sobat terdapat gambar, berilah file gambar sobat dengan nama yang deskriptif atau kaya akan keyword. misalnya beri nama gambar dengan nama “sate-sapi.jpg” daripada “image0012.jpg”.



Posisi Keyword di kode HTML Halaman

Menurut sebagian master SEO, posisi keyword di kode html akan mempengaruhi ranking. misalnya kode html halaman blog sobat isinya dari atas banyak sampah kode script, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. hal seperti ini akan sangat merugikan blog sobat. karena robot mesin pencari hanyalah membaca teks, dan itu dimulai dari kiri atas ke kanan kemudian kebawah. kiri ke ke kanan lagi ke bawah lagi dan seterusnya.



Jumlah Link Keluar / Outbound Link

Hindarilah external link yang berlebihan di halaman blog sobat. halaman blog yang mempunyai terlalu banyak link keluar akan terlihat seperti spamming link. saran saya, jika ada link keluar yang kurang penting, pakailah kode rel="nofollow".


Jangan sampai di blog sobat terdapat link keluar ke blog atau website yang reputasinya buruk di mata google, contohnya link ekstenal ke blog yang sudah di cap oleh google sebagai blog yang berbahaya. jika ingin tahu website apa saja yang dicap oleh google sebagai website yang berbahaya silahkan baca http://seotoolsoft.blogspot.com/2014/02/blognya-momod-ads-id-berbahaya-untuk.html





Lokasi Server dan TLD (Top Level Domain)
Mesin pencari menyukai konten yang lokal karena akan lebih relevan. jika sobat mencari sesuatu dari indonesia memakai situs google.co.id, maka Google akan memprioritaskan halaman blog atau website yang berada di server yang berlokasi di Indonesia. atau jika servernya berada di luar negeri, tetapi memakai Top Level Domain Indonesia seperti .go.id .co.id  .ac.id  dan lainnya.



Bayangkan jika sobat mencari info restoran di semarang, namun hasil yang dikeluarkan oleh +Google Indonesia adalah sebuah restoran yang berada di Brazil. tentunya akan sedikit mengganggu.





Kecepatan Loading

Google mempunyai visi tentang internet yang cepat, dan kecepatan loading website adalah salah satu Faktor SEO on page untuk menentukan ranking sebuah blog dan website.


Jika ada 2 situs yang Faktor SEO nya seimbang, tentunya sebagai pembaca kita akan lebih memilih blog yang lebih cepat loadingnya dan loading blog yang lambat juga akan mempengaruhi bounce rate blog sobat. silahkan baca: http://seotoolsoft.blogspot.com/2014/02/tips-ampuh-menurunkan-bounce-rate-blog-dengan-cepat.html





Bahasa Dalam Postingan

Seperti yang saya jelaskan di atas, +Google  menyukai situs yang sifatnya lokal. jika ada 2 blog yang  faktor SEO nya seimbang, maka google akan lebih memprioritaskan blog atau postingan blog yang memakai bahasa sama persis dengan Google lokal yang dipakai untuk men search. misalnya sobat search diGoogle.co.id, berarti blog berbahasa indonesia lah yang akan diprioritaskan. dan pergunakanlah tata bahasa yang baik untuk dipahami pembaca, jangan menggunakan bahasa alay karena hal itu sangat menyusahkan google translate.


Bayangkan jika sobat mencari tentang Cara Optimasi SEO On Page di +Google Indonesia, lalu hasil yang keluar di SERP adalah blog atau website yang berbahasa Nigeria, Perancis, atau Jerman. tentunya browsing sobat jadi agak terganggu kan?

untuk mengunduh artikel format .docx 



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App