Belajar Teknik Pemadaman Api bersama Dinas Damkar Cilacap

Api merupakan sesuatu yang bisa berpihak di dua sini, aritnya jika api berjumlah sedikit akan menjadi manfaat dan bisa di manfaatkan. namun berbeda hal nya jika apinya banyak, ini bisa menjadi bencana dan bahkan bisa memakan korban jiwa.

untuk itu kemarin saya belajar tentang api, seperti karakteristik api dan cara menanganinya. saya juga di perkenalkan dengan berbagai alat untuk memadamkan api, oh iya acara ini di selenggarakan oleh Politeknik Negeri Cilacap demi menunjang kwalitas Mata Kuliah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Waktu Seminar kemarin pihak DINAS DAMKAR CILACAP mendatangkan satu unit mobil damkar berukuran besar. waktu itu juga di ajarkan cara menggunakan apar (alat pemadam api ringan) dengan berbagai jenis, baru tau saya kalo apar banyak jenisnya. hal ini berfungsi untuk jenis api apa yang akan di padamkan.

Pembicara dari BPBD
api yang menyala karena kayu berbeda cara memadamkanya dengan api yang menyala karena listrik, bensin dll masih banyak lagi. dan ternyata isi dari apar itu tidak terlalu banyak, hanya beberapa semprotan saja. namun satu semprotanya itu bisa membuat api cepat padam.

dan dengan seminar kemarin saya jadi kalo cara memadamkan api dengan apar adalah dengan menyemprotkan apar ke sisi dari sumber api, misalnya api menyala pada drum, maka yang di semprot adalah sisi drum tersebut. karena jika yang di semprot adalah sumber apinya maka api akan semakin besar dan manyala nyala.

dengan adanya acara ini saya jadi dapat dispensasi kuliah, karena pas waktu itu saya harusnya kuliah bahkan saya sudah masuk kuliah sekitar satu jam saya ikut kegiatan perkulihan hingga akhirnya saya di panggil keluar untuk ikut seminar, walau awalnya sedih karna meninggalkan kuliah tapi ternyata menyenangkan bisa menambah ilmu dan pengalaman.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2013-2018 Otakcerdas - All Rights Reserved
Back To Top