10 Cara Mudah Mendapatkan Hotspot WiFi Gratis


Otakcerdas.com - Bagaimana sih cara mendapatkan WiFi gratis? Coba hitung berapa banyak kuota yang kamu habiskan dari paket data Internet seluler kamu selama sebulan jika kamu tidak terhubung WiFi?

Dalam seminggu saja, jika kamu buka Google Play Store, maka kamu akan melihat banyak aplikasi yang harus kamu update. Sayang kan, jika harus menggunakan kuota paket Internet kamu yang terbatas untuk sekadar update aplikasi.

Belum lagi, jika game-game HD yang kamu mainkan juga harus di-update. Terus kamu juga hobi streaming video atau terkadang kamu harus download file besar terkait pekerjaan. Jadi, buat pengguna smartphone terhubung ke WiFi itu wajib banget.


Cara Mendapatkan Hotspot WiFi Gratis
Setidaknya untuk melakukan update/download aplikasi, upload foto/video ke cloud storage maupun untuk aktivitas hiburan dan pekerjaan lainnya diperlukan koneksi WiFi. Dilansir dari Fossbytes, kalau di kantor atau di rumah kamu nggak ada WiFi, berikut 10 cara untuk mendapatkan hotspot WiFi gratis.

1. Gunakan Scanner WiFi Bawaan Smartphone


Langkah pertama dan paling mudah adalah menggunakan scanner WiFi bawaan smartphone secara maksimal. Terlihat sepele bukan, tapi tidak semua pengguna smartphone memanfaatkannya dengan baik. Cukup buka pengaturan WiFi pada smartphone dan carilah koneksi yang diberi label unsecured atau open.


2. Install Aplikasi Scanner WiFi di Smartphone dan Laptop


Terkadang hasil dari pencarian WiFi bawaan di smartphone hasilnya kurang maksimal. Oleh karena itu, kita butuh bantuan beberapa aplikasi untuk menemukan WiFi. Di laptop atau PC Windows kamu bisa menggunakan software scanner WiFi gratis seperti WeFi dan NetStumbler. Sementara untuk smartphone Android kamu bisa menggunakan aplikasi seperti WiFi Finder.


3. Kunjungi Tempat-Tempat yang Cenderung Memiliki WiFi Gratis 


Untuk mendapatkan WiFi gratis tentunya kamu harus mengunjungi tempat yang cenderung menyediakan fasilitas WiFi gratis seperti mall, kawasan kafe atau restoran terkenal dengan fasilitas Internet gratis misalnya McDonald atau Starbucks. Nah, beberapa ada WiFi yang benar-benar terbuka loh.


4. Spot Terbaik Adalah di Rumah Teman


Kamu harus mencoba cara yang berbeda untuk mendapatkan WiFi gratis. Nah, salah satu spot terbaik adalah di rumah teman. Dari sekian banyak teman yang kamu miliki, tentunya beberapa ada yang memasang layanan Internet kabel. Berkunjung ke rumah teman tentu jadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan WiFi gratis yang aman dengan kecepatan tinggi.


5. Meningkatkan Batas Gratis WiFi 


Hotspot WiFi gratis tentunya dengan membatasi penggunaan Internet sampai pada batas tertentu. Untuk mengakalinya kamu bisa mengutak-atik MAC address di laptop, dan akan membutuhkan aplikasi seperti Makeup MAC. Tentu saja, sangat tidak dianjurkan melakukan kecurangan, kecuali dalam keadaan yang benar-benar mendesak.


6. Mengunjungi Situs Penyedia WiFi Gratis

Oh iya, sekarang banyak ruang publik yang menyediakan akses WiFi gratis, khususnya di kota-kota besar. Bahkan, di dalam halte TransJakarta sudah ada fasilitas WiFi gratis. Kamu juga bisa mengunjungi situs-situs penyedia WiFi gratis untuk menemukan keberadaan WiFi gratis di kota kamu.


7. Manfaatkan Program Loyalty Provider 


Salah satu provider ternama seperti Telkomsel dan IM3 biasanya memberikan Program Loyalty kepada pelanggan, atau bisa juga pada orang yang datang di area WIFi.id tersebut. Namun, Program Royalty tersebut memiliki batasan waktu. Maka dari itu, manfaatkan waktu tersebut sebagai alternatif untuk mendapatkan WiFi gratis.

8. Temukan WiFi dengan Facebook Find WiFi


Facebook kembali mengembangkan sebuah fitur baru yang bisa digunakan di aplikasi Facebook miliknya. Bernama Find Wi-Fi, fitur terbaru ini memungkinkan penggunanya untuk menemukan lokasi wireless hotspotterdekat yang ada di sekitarnya.

Find Wi-Fi akan menampilkan SSID hotspot yang tidak diamankan password (gratis) maupun dilindungi password untuk bisa digunakan secara langsung. Belum lama ini, Facebook membuat sebuah halaman khusus yang berisi daftar lokasi WiFi di berbagai wilayah di dunia. Tampaknya hal tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat fitur Find Wi-Fi ini.

Fitur Find Wi-Fi ini akan hadir di aplikasi Facebook terbaru, baik untuk Android maupun iOS. Untuk pengguna iOS, beberapa orang sudah bisa menikmati fitur Find Wi-Fi Facebook ini.

9. Kunjungi Hotel

Mengunjungi sebuah hotel hanya untuk mendapatkan WiFi gratis? Tampaknya ini adalah solusi yang sangat mahal dan tidak bisa dilakukan oleh banyak orang. Namun, jika kamu memang membutuhkan koneksi Internet yang cepat sekaligus membutuhkan tempat untuk beristirahat, cara ini bisa menjadi alternatif yang bagus.

10. Naik TransJakarta


Iya khusus kamu yang berada di Jakarta, kamu juga bisa mendapatkan WiFi gratis di halte TransJakarta dan semakin nyaman dengan armada bus barunya. Nah, selain mendapatkan koneksi Internet gratis, dengan naik transportasi publik dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, artinya kamu turut berjasa mengurangi kemacetan di jalanan ibu kota. Benar kan?

Satu lagi, jika dalam keadaan mendesak, kamu juga bisa menggunakan smartphone sebagai hotspot WiFi untuk koneksi Internet ke laptop kamu. Itulah 10 cara mendapatkan hotspot WiFi gratis, punya cara lebih jitu?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2013-2018 Otakcerdas - All Rights Reserved
Back To Top