Gara-gara becak, artis terkenal Hollywood ini pernah dibentak Sukarno - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Saturday, December 3, 2016

Gara-gara becak, artis terkenal Hollywood ini pernah dibentak Sukarno


Otakcerdas.com - Ketika berkunjung ke Amerika Serikat pada 1956, Presiden Sukarno menyempatkan diri berkunjung ke Hollywood. Di kota penuh glamour ini ia mengunjungi berbagai studio film. Berbincang-bincang dengan sejumlah artis. 

Konon, artis Jeans Simmon, yang namanya waktu itu sangat tenar di Indonesia karena perannya dalam film kolosal Ivanhu menyatakan kepada Bung Karno hasratnya untuk berkunjung ke Jakarta. "Nanti di Jakarta saya ingin naik becak," itulah di antara kata-kata yang diucapkan artis cantik ini.

Rupanya, Bung Karno tidak berkenan mendengar ucapan artis yang juga bersuamikan bintang tenar Hollywood, Robert Taylor itu. Karena, bagi Bung Karno, profesi mengemudi becak dinilainya tidak manusiawi. Profesi itu bentuk riil dari Exploitasion de'lhome par e'lhome atau penghisapan manusia oleh manusia -- kata-kata yang sering diucapkan Bung Karno apabila melihat harkat manusia direndahkan.

Pendapatnya tentang becak ini oleh Bung Karno dilontarkan kembali sepulang dari AS, ketika ia dan Nyonya Hartini Sukarno mengundang makan Dubes AS di Indonesia, Howard P. Jones dan nyonya.

Becak Raja Jalanan
Sekalipun Bung Karno waktu itu sering menyerang politik AS, tapi hubungannya dengan Howard Jones memang sangat akrab. "Dalam menuju masyarakat yang adil dan makmur tidak boleh lagi ada penghisapan manusia oleh manusia," tegasnya ketika itu.

Waktu itu becak benar-benar merupakan 'raja jalanan' di Jakarta yang berpenduduk kurang dari tiga juta jiwa. Terdapat lebih dari 30 ribu becak yang berkeliaran di pelosok Ibu Kota, termasuk di jalan-jalan protokol tanpa ada pembatasan dan larangan.

Para penarik becak waktu itu adalah para urban yang terpaksa 'menyerbu' ke Jakarta, karena tidak ada pekerjaan di tempat asalnya. Tapi, Bung Karno sendiri tidak pernah melarang atau membatasi beroperasinya becak. (republika.co.id)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App