Jenis Graf berdasarkan ada tidaknya Loop dan Multiple Edge

Otakcerdas.com - Sudah pernah di bahas pada postingan sebelumnya bahwa di dalam graf itu ada dua atribut penting yaitu simpul dan sisi, atau dalam bahasa kerenya Verteks dan Edge, nah ternyata ada pembagian graf lagi loh, yang dalam hal ini di dasarkan pada ada tidaknya loop dan multiple edge.

Berdasarkan ada tidaknya gelang dan sisi granda (Loop dan Multiple Edge) pada suatu graf, maka graf di golongkan menjadi dua jenis.

Graf Sederhana ( Simple Graf )
Graf ini adalah jenis graf yang tidak mengandung gelang maupun sisi ganda, sehingga yang ada hanya beberapa simpul yang di hubungkan oleh satu sisi, sehingga kedua atau beberapa simpul tersebut akan bersisian.

Graf tak sederhana ( Unsimple Graf )
Graf ini adalah jenis graf yang mengandung sisi ganda dan mengandung pula gelang ( ada Loop dan ada Multiple Edge ). sehingga graf ini menjadi tidak sederhana atau di namakan ( Unsimple Graf ).


Oke itulaha penjelasan singkat tentang jenis - jenis graf berdasarkan ada tidaknya Loop dan Multiple Edge, dan untuk lebih memperjelas pengetahuan tentang jenis graf silahkan, anda bisa lihat Tabel di atas. dan semoga artikel ini bisa bermanfaat, Selamat Belajar !
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2013-2018 Otakcerdas - All Rights Reserved
Back To Top