Pengen Cumlaude Gak Harus Pinter, Nih Tipsnya - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Monday, October 30, 2017

Pengen Cumlaude Gak Harus Pinter, Nih Tipsnya

Cumlaude adalah predikat yang di berikan pada ujian di suatu perguruan tinggi.
Predikat cumlaude adalah predikat yang di inginkan oleh semua pejuang kampus baik yang mahasiswa baru maupun mahasiswa 'legend' ( istilah untuk mahasiswa yang gak lulus-lulus ). Cumlaude adalah predikat yang di berikan pada ujian di suatu perguruan tinggi.

Ada beberapa predikat tingkatan cumlaude yang di berikat kepada seorang yang berprestasi, misalnya Summa Cumlaude adalah mereka yang mendapatkan IPK antara 3.80 sampai dengan 4.00.

Ada juga Magna Cumlaude adalah mereka yang lulus dengan IPK antara 3.60 sampai dengan 3.79 dan yang terakhir adalah Cumlaude yaitu mereka yang lulus dengan IPK 3.40 sampai dengan 3.59.

Lalu bagaimana sih caranya supaya bisa lulus dengan IPK Cumlaude?

Untuk mendapatkan IPK Cumlaude bermodalkan pintar saja tidak cukup, jadi bagi Ucers yang ingin mendapatkan IPK Cumlaude tapi kurang pintar, masih ada harapan untuk mendapatkan kelulusan dengan pujian pada IPK nya.

Lalu apa saja yang harus di perhatikan supaya mendapatkan IPK Cumlaude?. berikut dibawah ini adalah tips supaya mendapatkan IPK Cumlaude.

Sumber : Trivia.id
Ketika perkuliahan duduk di paling depan, walaupun kadang seorang dosen mengatakan hanya akan mengambil nilai dari nilai murni saja, namun seorang mahasiswa yang duduk di paling depan akan mendapatkan perhatian khusus dari dosen. Dan mahasiswa yang duduk di barisan depan cenderung untuk memperhatikan apa yang disampaikan oleh dosen.

Sumber : Udemy.com
Jangan malu untuk bertanya, jadi seorang mahasiswa adalah representasi dari orang dewasa yang sedang belajar, jadi bagi Ucers yang sedang menjalani perkuliahan tidak perlu lagi takut untuk bertanya, namanya juga sudah dewasa jadi tak perlu malu lagi untuk bertanya, kalau ada kesulitan yang di tanyakan akan menambah nilai plus bagi Ucers. jadi jangan malu untuk bertanya.

Sumber : Duniadosen.com
Dekat dengan dosen, seorang mahasiswa yang dekat dengan dosenya akan memudahkan komunikasi antara mahasiswa dan dosen, Dosen juga akan mengenal mahasiswa sehingga dosen akan mudah untuk memberikan nilai kepada si mahasiswa. karena selain kenal dekat juga sudah tahu akhlak dan perilaku dari mahasiswa.

Sumber : Energyfm.com
Jangan menghafal, kebiasaan ini terjadi pada mahasiswa keluaran SMA, karena pada masa SMA siswa terbiasa untuk menghafal rumus dan sejarah. alhasil ketika kuliah mahasiswa kesulitan untuk mengatasi pemecahan masalah pada studi kasus

Berbeda dengan lulusan SMK yang memang di didik untuk mengatasi masalah yang ada, apalagi kalau jurusan kuliah yang di ambil adalah teknik, sudah pasti lulusan SMA kalau masih pake jurus menghafal akan kesuliatan mengikuti studi kasus.

Sumber : Freepik.com
Sering baca referensi dari luar, Kadangkala materi yang di berikan kampus hanya materi dasar saja, jadi seorang mahasiswa harus pandai-pandai mencari materi dari luar yang lebih terkini. apalagi kalau jurusan yang di ambil adalah Teknologi Informasi, jangan berharap untuk bergantung pada materi dosen, karena perkembangan teknologi informasi yang begitu cepatnya.

Jadi itulah tips yang bisa Ucers ikuti supaya mendapatkan IPK Cumlaude ketika wisuda nanti, walaupun perusahaan sekarang lebih mengutakan Skill, tapi untuk lolos administrasi juga masih mengandalkan IPK. buar Ucers selamat berjuang.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App