Pemain Teknologi Bitcoin Terbesar Meluncurkan Chips dan Komputer AI

Photo: Bitmain
 Dengan perhitungannya sendiri, Bitmain membangun 70 persen komputer di jaringan Bitcoin. Ini membuat chip khusus untuk melakukan fungsi hash kritis yang terlibat dalam bitcoin pertambangan dan perdagangan, dan mengemas chip tersebut ke dalam rig pertambangan teratas - Antminer S9.Namun CEO Bitmain Jihan Wu melihat masa depan di luar hambatan dan kripto.  

Seperti yang dia katakan kepada penyumbang kontribusi IEEE Spectrum Morgen E. Peck pada bulan Juli: "Sangat pribadi bahwa saya ingin agar Bitcoin sukses. Tapi sebagai perusahaan kita tidak diijinkan untuk hanya mengandalkan kesuksesan Bitcoin. Itu adalah hal yang tidak bisa kita bayar. "

Jadi Bitmain menerapkan buku pedoman Bitcoin untuk kecerdasan buatan. Pada tanggal 8 November, CEO Bitmain lainnya, Micree Zhan, akan merinci chip AI terbarunya, Sophon BM1680, di AIWORLD di Beijing, dan perusahaan akan mulai menjual sistem berdasarkannya.


Perusahaan mengklaim chip ini khusus untuk pelatihan dan pelaksanaan algoritma pembelajaran yang mendalam. Tugas terakhir bergantung pada kemampuan chip untuk melakukan inferensi. Seperti yang ditunjukkan Spectrum David Schneider awal tahun ini, melatih AI dan melakukan inferensi memerlukan keterampilan yang berbeda dari prosesor.  


Secara khusus, ia mencatat, pelatihan biasanya membutuhkan matematika presisi tinggi, sementara inferensi paling efisien dengan presisi rendah.Unit Pengolahan Tensor Google menggunakan matematika 8-bit untuk inferensi. Menurut spesifikasinya, BM1680 menggunakan matematika floating point 32-bit. Ini dapat melakukan 2 teraflops (2 triliun operasi floating point per detik) dan biasanya menghabiskan 25 Watts namun bisa mencapai 41 W saat berlari rata.

Bitmain mengklaim arsitekturnya mirip dengan TPU Google. Arsitekturnya adalah kelas umum yang disebut systolic, yang berarti bahwa data mengalir melalui inti pemrosesannya dalam gelombang. "Google TPU adalah model peran yang keren di antara semua pembuat AI ASIC," Janet Zhao, yang bekerja di kelompok komputasi berperforma tinggi Bitmain, mengatakan dalam sebuah email. "Saat kita mulai mengembangkan chip AI kita sendiri .... Pada akhir tahun 2015, kami mengadopsi teknologi sistolik yang disempurnakan yang serupa dengan Google TPU. "


The Sophon BM1680 adalah inti kartu dan server khusus yang akan mulai dijual Bitmain pada tanggal 8 November. Kartu Sophon SC1 dimaksudkan sebagai akselerator untuk aplikasi pembelajaran yang mendalam. Server Sophon SS1 berisi kartu SC1 dan dimaksudkan untuk analisis video dan gambar.


Menurut perusahaan, pihaknya telah berkomunikasi dengan tim teknis dan bisnis pelanggan potensial termasuk Baidu, Alibaba, dan Tencent selama satu setengah tahun terakhir pembangunan.Zhao mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan ini prihatin dengan biaya, stabilitas pasokan, dan konsumsi daya akselerator AI berbasis GPU dan mencari vendor baru.


Referensi : spectrum.ieee.org
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2013-2018 Otakcerdas - All Rights Reserved
Back To Top