Menjadi Dewan Keamanan PBB Indonesia Bertanggung Jawab Atas Keamanan Dunia - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Sunday, June 10, 2018

Menjadi Dewan Keamanan PBB Indonesia Bertanggung Jawab Atas Keamanan Dunia

Credit Image by Otakcerdas Design Kerja Keras Presiden Jokowi Indonesia Masuk Dewan Keamanan PBB

Otakcerdas | Setelah mengikuti jalanya sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa di sebut dengan United Nations, akhirnya Indonesia terpilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020. terpilihnya Indonesia menjadi tanjakan untuk memperlihatkan pada Dunia bahwa Indonesia adalah negara besar dengan pengaruh yang luar biasa.

Karena untuk menjadi anggota dewan keamanan PBB tidaklah mudah, selama dua tahun Indonesia terus menerus memberikan pengaruhnya kepada negara-negara lainya supaya ketika sidang umum pemilihan anggota dewan kemanan PBB Indonesia bisa terpilih. dan akhirnya ketika pengumuman sidang, Indonesia berhasil mengumpulkan suara sebanyak 144 negara yang memilih Indonesia untuk menjadi wakil mereka di Dewan Keamanan PBB.


Bersaing melawan Maladewa atau dalam kancah Internasional disebut dengan Maldives. Indonesia menang telak atas maladewa yang hanya mendapatkan 46 suara. hal ini membuktikan bahwa Indonesia dipercaya oleh negara lain untuk menjadi penjaga perdamaian di seluruh dunia. juga membuktikan bahwa negara lain mempercayakan kepada Indonesia untuk memecahkan berbagai permasalahan konflik di dunia.

Lalu apa saja yang akan dilakukan oleh Indonesia setelah menduduki kursi Dewan Keamanan PBB?

#1 Akhir Penderitaan Palestina
Beberapa tahun akhir ini palestina sebagai negara yang berstatus membingungkan karena belum lengkapnya pengakuan dari negara lain, yang menyebabkan Israel dengan asiknya melakukan serangan tanpa adanya tuduhan pelanggaran. bahkan ketika ibukota palestina di ambil alih oleh Israel pun dunia tidak bisa berbuat apapun, karena Amerika yang merupakan anggota dewan keamanan PBB dapat melakukan hak veto.

Image from tunisienumerique.com : EL QODS
Namun dengan duduknya Indonesia di kursi Dewan Keamanan PBB, nampaknya harapan palestina untuk mencapai perdamaian kian jelas. karena Indonesia berkomitmen akan mengangkat isu palestina di PBB. apalagi kini Indonesia juga sekarang menjadi anggota Dewa Keamanan PBB yang duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan Amerika. Menlu Retno Marsudi atas perintah Presiden Jokowi berkomitmen akan mewakili suara negara islam dalam menangani keamanan dunia.

#2 Tidak Melulu Perang
Setelah menjadi anggota Dewan Keamanan PBB Indonesia berkomitmen akan menciptakan iklim dialog dalam memecahkan permasalahan dunia. sehingga ketika ada negara yang konflik atau bertikai dengan negara lain. Indonesia akan membawa budaya nya yaitu musyawarah mufakat ke dalam kancah internasional untuk menjadi alat dalam mencarikan solusi permasalahan.

Image from Jejak Tapak : Tidak ada lagi negoisasi Kiamat akan datang
Selain itu Indonesia juga berkomitmen untuk meningkatkan sinergitas antar organisasi dunia terutaman di beberapa kawasan. guna menciptakan iklim dan ekosistem yang ramah terhadap kehidupan yang damai. sehingga meningkatkan produktifitas serta perekonomian.

#3 Sayonara Radikalisme
Indonesia dalam negeri kini sedang gencar-gencarnya melakukan bersih-bersih terhadap bibit-bibit radikalisme terorisme dengan menyingkirkan beberapa organisasi terlarang. dan setelah masuk menjadi anggota dewan keamanan PBB kini Indonesia akan menerapkan metode pembersihan radikalisme di kancah dunia. Indonesia juga akan mendorong comprehensive approach untuk memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme.

Image from kompasiana.com : Pak Presiden dimana ketegasanmu
Sampai saat ini Indonesia menjadi negara terbanyak yang mengirim pasukan militer nya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa. hal itu di sampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika berkunjung ke Markas Militer Batalyon Indonesia di Lebanon, Menlu Retno menyampaikan bahwa kontribusi Indonesia untuk perdamaian dunia tidak dapat terbantahkan lagi.

Penulis Abdul Aziz

Post Top Ad

Download Otakcerdas App