5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan - Otakcerdas

Otakcerdas

Proyeksi Media Generasi Millenial

Top Post Ad

Download Otakcerdas App

Sunday, July 29, 2018

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan

Menjadi mahasiswa mungkin adalah sebuah masa yang sangat di inginkan oleh semua orang, kecuali orang yang memang sudah tidak ingin bersekolah karena malas. karena yang tidak memiliki uang lebih pun sangat menginginkan kuliah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. bahkan yang sudah kerja pun ingin sekali berkuliah tetapi ada beberapa hambatan karena tangggung jawab pekerjaan yang harus di pegang.

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan
Nah bagi kalian yang saat ini sedang atau akan berkuliah, apalagi saat ini adalah masa-masanya proses pendaftaran baru untuk memilih kampus-kampus idaman. di seluruh kampus negeri maupun swasta saat ini sedang bergembira dalam menyambut mahasiswa baru. namun bagi kalian yang akan memasuki kampus sebagai mahasiswa baru, sudah kalian merenungkan. apakah jurusan yang kalian ambil sudah tepat dengan diri kamu?

Baca Juga :
Ini adalah pertanyaan yang harus kamu pertanyakan pada diri kamu sendiri, sudah tepatkah jurusan yang kamu ambil. ingat salah mengambil jurusan maka walaupun kamu bisa lulus dengan predikat cumlaude sekalipun kalau itu bukan passion kamu, gelar kamu hanya akan menjadi sebuah gelar kosong tiada arti. maka dari itu ada beberapa poin penting tentang beberapa kesalahan yang pernah di lakukan oleh mahasiswa-mahasiswa yang terdahulu, dan jangan sampai terulang pada dirimu.

#1. Ikut-ikutan Teman
Dalam memasuki jenjang kuliah berarti kamu sudah bertekad untuk masa depanmu. harusnya ketika kamu masuk kampus untuk pertama kalinya, di situ kamu harus sudah mengetahui bahwa besok kelak kamu akan menjadi apa?. perlu kamu ketahui bahwa yang namanya mahasiswa adalah seorang dewasa yang sedang belajar.

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan
Ingat kamu bukan anak-anak lagi. jadi dalam memilih jurusan jangan sampai asal ngikut teman, karena jurusan yang teman kamu ambil belum tentu cocok untuk kamu, kamu harus memilih jurusan yang benar-benar menjadi passion hidup kamu, ingat kuliah bukan seperti masa SMA/SMK.

#2. Asal Masuk Karena Deket Rumah
Yang satu ini biasanya karena mentang-mentang di kotanya ada kampus jadi masuk ke situ, tetapi tidak peduli apa jurusanya yang penting kuliah lulus dapet gelar, hal ini jangan sampai terjadi kepadamu, terutama perempuan, biasanya yang seperti ini adalah para perempuan karena tidak ingin jauh dari orang tuanya.

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan
Yang bagus sih, kalau di kota sendiri tidak ada kampus yang jurusanya sesuai dengan yang kamu inginkan lebih baik merantau keluar kota demi masa depanmu, tetapi itu untuk yang pemberani, kalau masih tahut jauh dari orang tua mending di rumah aja, bantu orang tua daripada kuliah tidak sesuai passion, cuma buang-buang waktu dan uang.

#3. Karena Peluang Kerjanya Bagus
Nah kalau yang satu ini biasanya yang mengambil jurusan ilmu komputer, kebanyakan mahasiswa ilmu komputer masuk jurusan ini karena prospek peluang kerjanya bagus dan banyak yang membutuhkan, ya memang betul, tetapi jika itu bukan passion kamu lebih baik jangan. ilmu komputer banyak cabangnya.

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan
Secara general biasanya di kenal dengan teknik informatika atau teknologi informasi, di situ terbagi menjadi beberapa sub bidang studi. kamu harus tahu masing-masing nya jangan sampai salah masuk, awal mula hanya termotivasi supaya bisa mengoperasikan komputer menjadi masuk ke jurusan teknik informatika murni yang mempelajari analisis sistem pengembangan perangkat lunak, kamu akan stresss di situ.

#4. Peluang Keterimanya Besar
Wah kalau yang satu ini biasanya jurusan yang sepi peminat, ada beberapa orang yang kuliah karena kampusnya bukan jurusanya. biasanya yang di incar adalah kampus-kampus favorit, tidak peduli walaupun jurusan pertanian peternakan, yang penting masuk kampus favorit. denger ya gaes, percuma banget sumpah kalau kamu masuk jurusan kuliah karena seperti itu. proses perkuliahan kamu bakal berantakan, tidak akan fokus.

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan
Padahal misalnya kamu suka desain grafis tetapi karena ingin masuk kampus favorit dan tidak mungkin keterima di jurusan desain grafis akhirnya masuk ke jurusan peternakan dan perikanan, ingat jurusan itu tidaklah mudah, jurusan peternakan dan perikanan tanggung jawabnya besar khususnya untuk ketahanan pangan nasional. haha ngeri yah

#5. Karena Nurut sama Orangtua
Kalau yang satu ini harusnya yang di nasehati adalah orang tuanya, untuk tidak mengekang anak dalam memilih jurusan dalam bersekolah, mengarahkan yang lebih baik boleh tetapi jika si anak sudah memiliki keinginan untuk mengambil jurusan tertentu, biarkanlah barangkali saja itu adalah passion dari anak anda.

5 Kesalahan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan
Jangan sampai hanya gara-gara jurusan yang orang tua pilih malah menghancurkan masa 3 atau 4 tahun yang bisa menyengsarakan anak. bahkan jika sudah lulus kemudian ilmunya tidak bermanfaat itu lebih menyengsarakan di hari tua di anak tersebut

Jadi sudah tahukan seperti apa saja yang membuat seorang mahasiswa salah dalam memilih jurusan, ingat penyesalan karena salah memilih jurusan terasanya tidak di awal tetapi di pertengahan dan terakhir dalam perkuliahan, misalnya ketika tugas akhir atau skripsi. kalau mahasiswa yang merasa salah jurusan biasanya akan membayar orang untuk membuatkan atau mengerjakan skripsinya, nah inilah yang namanya masa 3 atau 4 tahu kuliah yang sia-sia.

Keyword :
  • peran mahasiswa
  • pengertian mahasiswa 
  • peran dan fungsi mahasiswa
  • memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian
  • informasi jurusan kuliah

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Download Otakcerdas App